Agenda Paroki

S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

Login Email
banner kiri 2019b

We have 26 guests online
Renungan Hari Minggu Tgl 9 Februari 2020 PDF Print

“ APAKAH INDENTITAS KITA “


Bacaan Injil hari ini berbicara tentang dua simbol penting dalam kehidupan manusia sebagai cara menyampaikan dan menerangan pengajaran Yesus untuk kita. Kedua simbol itu adalah garam dan terang. Dua simbol ini amatlah penting bagi kita tetapi juga bagi Yesus. Bagi kita garam itu penting karena memberi rasa pada makanan, sebab tampa garam makanan rasa hambar. Demikian juga “ Terang “. Tampa terang kita berada dalam kegelapan dan tidak bisa beraktivitas sama sekali. Jika listrik padam, secara otomatis kita akan mencari senter atau lampu untuk mendapatkan penerangan.


Bagi Yesus, garam dan terang itu penting untuk mengungkapkan indentitas para murid-Nya secara khusus dan tentu indentitas kekristenan kita juga. Orang Kristen adalah mereka yang menghayati dan menampilkan kehidupannya sebagai garam dan terang dunia. Yesus membuat suatu analogi antara orang Kristen dan garam serta terang.


Sebagaimana garam dicampurkan ke dalam makanan dan memberi rasa, demikianlah juga orang kristen dalam kehidupannya bersama dengan masyarakat harus menjadi pemberi rasa yang nyaman seperti : cinta kasih, persaudaraan, persatuan, persahabatan, kerjasama, kegembiraan, pengampunan, kebaikan hati, saling menolong, saling menghargai dll. Hal – hal ini tentu memberi rasa dan keindahan pada kehidupan bersama. Lalu bagaimana kalau segala hal yang baik itu tidak ditunjukankan oleh orang Kristen dalam kehidupannya sehari – hari ? Ia digambarkan Yesus sebagai garam yang menjadi tawar, tak ada gunanya selain dibuang dan diinjak – injak orang ( Mat. 5 : 13 ). Demikian juga kalau orang Kristen tidak membawa terang tetapi kegelapan kepada masyarakat, ia tak ada gunanya.


Ia harus menjadi terang : pemberi penuntun kehidupan berdasar Firman Tuhan, pemberi teladan, inspirasi, solusi, kekuatan, kreativitas, motivasi. Kalau garam dari dalam, maka terang dari luar. Baik dari luar dan dalam, orang Kristen adalah pembawa kehidupan.

Dikutip dari : Buku Percikan Hati

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.