Agenda Paroki

S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

Login Email
banner kiri 2019b

We have 3 guests online
Renungan Hari Minggu Tgl 19 Januari 2020 PDF Print

"Menjadi GPS Allah Bagi Sesama"

 

Saudara-saudariku yg terkasih, slamat hari minggu dan salam jumpa kembali di hari minggu biasa ke 2 dan hari pekan doa sedunia ini. Begitu cepat Tuhan merangkai hari-hari hidup kita, sehingga tidak terasa kita telah berada di minggu biasa ke 2 tahun 2020 ini. Bacaan-bacaan kitab suci pada Minggu ini, khususnya Injil mengajak kita untuk Melihat Yesus Anak Domba Allah, yang akan menjadi Jalan, Kebenaran dan Sumber Kehidupan kita.


Saudara-saudariku terkasih, salah satu penemuan terpopuler dalam dunia teknologi-informatika adalah GPS atau Global Posisioning Sistem. Sebuah sistem satelit yang membantu manusia untuk menentukan waktu, arah, posisi atau tempat yang ingin diketahui atau ditujuh! Denqan sistim kita kenal yang nama Google map, Waze, dll. Perangkat2 ini membantu kita untuk menetukan waktu dan arah yg hendak kita tuju. Contoh kalau saya pergi ke Gereja St Hellena Karawaci, saya tinggal buka waze dan mengikuti tuntunannya sampai ketempat tujuan. Tetapi secanggi2hnya alat ini, tetaplah ada keterbatasannya, terlebih saat wifi, jaringan atau quota nggak ada? Pasti apes deh......! Namun kelebihan dari perangkat ini adalah kesetiaan, kesabaran, untuk menuntun kita, biarpun kita suka rubah2 arah.


Saudara-saudariku terkasih.....hari ini Yohanes memperkenalkan seorang Pribadi yang akan menuntun kita dijalan yang benar, sehat dan sabar, yaitu Yesus Kristus Tuhan kita, Anak Domba Allah. Kehadiran Yesus bagi Yohanes adalah sebuah pemenuhan akan pewartaannya ttg Dia yg akan datang dan membaptis dengan air dan Roh Kudus, itulah Yesus! KehadiranNya akan membawa keselamatah bagi kita semua. Dia akan tinggal bersama manusia, ia akan memberi Roh KudusNya dan menyertai kita hingga akhir zaman. Tidak ada orang dapat datang kepada Bapa kalau tidak melewati Aku!


Saudaraku terkasih, beberapa waktu lalu saya ketemu dengan seorang bapa katolik di sebuah rumah makan. Dalam pertemuan ini, bapa tersebut bercerita banyak tentang perjuangan hidupnya, dan dia menunjuk beberapa pribadi yang turut mempengruhi dan punya andil dalam mengubah hidupnya; membuat iya sukses dan bahagia sampai sekarang! Dia berkata2 seandainya bukan itu yg membantu saya waktu itu, mungkin dia sudah hancur lebur, tapi syukurlah ada Tuhan yg menyatakan kasihNya melalui orang itu! Tuhan itu sangaaaat baik!

 

Saudaraku yg terkasih, kita pun dipanggil melalui bacaan kitab suci hari ini, untuk menjadi GPS yang hidup sesama, lingkungan dan keluarga. Kitq menjadi penunjuk arah, waktu dan tempat untuk setiap orang percaya agar bisa cepat mencintai Tuhan. Sama seperti Yesus, menjadi GPS Allah yang menuntun manusia sampai pada Bapa, kita pun harus menjadi GPS bagi yg lain! Bacaan pertama mengingatkan kita, Allah telah mengangkat kita menjadi terang bagi banyak orang agar sampai pada keselamatan. Bacaan kedua lebih indah lagi, Allah telah mengkapi kita dengan RohNya, kasih karunia dan seqala berkatNya agar kita sanggup mewujudkan panggilan kita menjadi GPS bagi Allah! Semoga Tuhan memberkati kita.

Renungan : Rm. Ronny Dahua, MSC

Last Updated on Saturday, 18 January 2020 23:50
 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.