Agenda Paroki

S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Email
banner kiri 2019b

We have 8 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 15 Desember 2019 PDF Print

Sesuai Peran

 

Setiap orang diberikan talenta, kemampuan dan keunggulan di bidang- bidang tertentu yang melengkapi dirinya dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya setiap hari. Talenta dan kemampuan setiap orang itu berbeda – beda, tidak ada yang persis sama. Itu semua seharusnya dipakai untuk segala hal yang baik dan bukan hal yang tidak berkenan di mata Allah.


Setiap orang akan menjalankan aktivitas dan kegiatannya setiap hari sesuai apa yang diembankan kepadanya. Setiap orang atas caranya masing-masing seharusnya melaksanakan itu semua sesuai perannya masing-masing. Kita pun tak bisa memaksakan orang lain untuk melakukan sesuatu tidak sesuai perannya. Setiap orang memiliki peranya masing dan karena harus memenuhi kewajibannya sesuai tanggungjawab yang diberikan kepadanya.


Dalam bacaannya Injil hari ini, kita melihat dua figur dengan peran yang amat berbeda yakni Yohanes Pembaptis dan Yesus. Keduanya – duanya memiliki arah yang berbeda Yohanes datang untuk mempersiapkankan kedatangan Yesus, sementara Yesus datang untuk mengerjakan karya keselamatan yang di tugaskan Bapa kepadaNya untuk dilakukan. Yohanes dituntut untuk memainkan peranya sebaik – baiknya agar mempersiapkan kedatangan Yesus secara sempurna. Jika tidak maka kedatngan Yesus tentu kurang mendapatkan tempat di hati orang Yahudi zaman itu. Yesus pun menjalankan peran dengan sebaik – baiknya.

 

Sahabat, siapapun diri kita, kita semua dipanggil Allah untuk berperan dalam karya keselamatan Putera-Nya. Apapun kemampuan kita yang ada, kita di undang untuk mengambil bagian yang terbaik disana. Kita tak perlu membeda – bedahkan kemampuan kita dengan kemampuan orang lain. Apa yang diberikan kepada kita, berdayakanlah itu, pakailah itu semaksimal mungkin. Itulah yang amat berarti. Mainkan peran kita dengan sempurna dan tak usah berpusing diri dengan peran orang lain. Bahagialah dengan peran kita.

Dikutip dari buku Percikan Hati

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.