Agenda Paroki

S M T W T F S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Login Email
banner kiri 2019b

We have 128 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 8 Desember 2019 PDF Print

Pembaharuan Diri

 

Banyak perusahaan besar bangrut gara-gara tak mengadakan pembaharuan diri. Banyak situs website menjadi usang karena tidak diperbaharui. Banyak unit usaha jatuh karena tidak membarui diri. Banyak kendaraan menjadi rusak karena tidak di service. Banyak rumah tampak lusuh, peralatan macet, taman menjadi jelek, semuanya karena tidak dirawat dan dibarui. Manusia sebenarnya sedemikian adanya. Jika manusia tidak diperbarui maka ia akan ketinggalan zaman dan mandek. Seorang dosen, teknisi, ahli, yang tak membarui imannya, akan kehilangan arah hidup, jauh dari Allah.


Yohanes Pembaptis menyerukan pembaruan iman kepada orang-orang Yahudi. Ia berseru “ Bertobatlah Kerajaan Surga sudah dekat”. Ia memahami bahwa kedatangan Yesus kian mendekat dan hanyalah pertobatan yang membuat orang-orang Yahudi mampu menyambut kedatangan-Nya. Pertobatan adalah sikap iman yang baru terhadap Allah, dari sikap yang lama yang jauh dari Allah, bahkan yang bertentangan dengan kehendak-Nya, menuju sikap iman yang baru, yakni sikap iman yang sungguh siap dan terbuka untuk percaya kepada Allah, lebih dekat dengan Allah, setidaknya berjalan menurut rencana Allah, sehingga mampu melakukan hal-hal yang baik dan benar. Itulah buah-buah baik pertobatan. Orang yang mampu bertobat disebut sebagao gandung yang baik, yang dikumpulkan ke dalam lumbung, sedangkan orang jahat yang tak mau bertobat digambarkan laksana debu jerami yang akan dikabar dalam api yang tak terpadamkan.


Sahabat, seruan pembaruan hidup ini tentu dialamatkan juga kepada kita. Jika kita tidak mau mengubah diri, lewat pertobatan, maka hati, pikiran, segenap diri kita menjadi kusam, tak memantulkan sinar kemuliaan Allah, melainkan kekelaman dosa. Maka bukalah hati kita selalu terhadap pembaruan diri. Remajakan iman kita selalu agar hidup kita berkenan kepada Allah dan berguna bagi karya keselamatan-Nya.

Dikutip dari buku percikan hati.

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.