Agenda Paroki

S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Email
banner kiri 2019b

We have 124 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 24 November 2019 PDF Print

JIKA KITA MENJADI RAJA

 

Mencari seorang raja pada masa sekarang amat mudah, karena banyak orang berlomba – lomba ingin mnjadi raja atau pemimpin. Pada masa dulu sebagaimana yang dicatat oleh Kitab 2 Samuel, segala suku Israel tak memiliki raja selepas mangkatnya raja Saul.


Kedua belas suku Israel yang terpecah belah sewaktu pemerintahan raja Saul kini mau dipersatukan di bawah seorang figur yang bernama Daud. Mereka malah datang memohon Daud menjadi raja mereka. Maka bersatulah kedua belas suku Israel itu menjadi Kerajaan Israel Serikat yang bersatu karena figur pemersatu sekaliber Daud (1010 – 970 sM ). Dari tiga raja pertama Daudlah raja penyelamat Israel, tidak seperti saul dan Salomo yang menghancurkan.


Pada hari ini kita berada pada Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam. Fokus perayaan ini adalah Kristus sebagai Raja, namun bukan sebagai raja duniawi seperti Saul, Daud dan Salomo. Yesus adalah raja rohani, Raja Keselamatan untuk seluruh bangsa manusia dan semesta alam ini. Kualiatas hidup dan karya yang dilakukan Yesus, sampai pengorbanan-Nya di kayu salib menyatakan bahwa Yesus sungguh Raja, tak hanya Raja Orang Yahudi seperti yang ditulis Pilatus pada kayu salib di atas kepala Yesus, tetapi Raja seluruh dunia untuk segala bangsa di seantero jagat.


Dalam diri Yesus Kerajaan Allah hadir, di sana kehendak Allah dinyatakan dan memenuhi hati manusia yang haus akan kebenar – an, keadilan dan keselamatan. Yesus adalah Raja yang menuntun semua manusia menuju Allah.

 

Sahabat, di tengah situasi negara kita yang bergejolak dengan krisis kepemimpinan dalam berbagai lini, kita mendapatkan contoh kepemimpinan seorang Raja keselamatan yang tak mengutamakan kepentingan diri sendiri, tetapi orang lain. Pantaslah kita merekam semangat Yesus untuk kehidupan dan pekerjaan kita. Tak perlu kita menjadi raja – raja kecil dunia ini yang suka dipuji, dihormati atau dihargai. Sebaliknya jadilah seorang raja atau pemimpin yang membawa keselamatan.

Dikutip dari buku percikan hati

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.