Agenda Paroki

S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 1 2 3 4 5

Login Email
banner kiri 2019b

We have 328 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 1 September 2019 PDF Print

Kerendahan  Hati

 

Arti kerendahan hati ternyata memiliki hubungan dengan tanah atau bumi. Dalam bahasa Inggrisnya humility, berasal dari bahasa Latin humilitas. Kata sifatnya humilis, adalah bentukan dari kata humus, artinya bumi. Dengan demikian, kata humilitas atau humilis bisa diterjemahkan sebagai "santun", bisa pula "membumi", atau "dari bumi.”

Kerendahan hati sendiri merupakan salah satu keutamaan hidup yang diajarkan oleh Yesus. Bacaan Injil hari ini menegaskan hal tersebut. Yesus bersabda kepada para murid-Nya, “Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan" (ay. 11). Kerendahan hati merupakan sesuatu yang sangat penting bagi karya Allah dalam diri manusia. Sebab hanya orang yang rendah hati mau terbuka pada kehendak, rancangan dan kekuatan Tuhan. Sedangkan orang orang sombong atau tinggi hati cenderung mengandalkan diri sendiri. Pada akhir pertandingan hidup di dunia, orang yang rendah hati mendapatkan tempat terhormat dalam surga, sebaliknya yang congkak akan dicampakkan (bdk. Ibr. 12:22-2a).

 

Penulis kitab Putra Sirakh menegaskan kembali bahwa sejak semua Allah memang menghendaki manusia selalu merendahkan hati agar mendapat karunia di hadapan-Nya (ay. 18). Sebab tumbuhan keburukan berakar di dalam diri orang yang sombong (ay. 28). Itulah sebabnya orang yang rendah hati selalu berkenan di hadapan Tuhan. Bahkan Tuhan sendiri menunjukkan jalan ini melalui peristiwa inkarnasi. Ia rela merendahkan diri menjadi manusia untuk menyelamatkan dunia. Ia yang bertahkta di surga tinggi rela membumi (turun ke bumi).

 

Semoga kita tetap menjadi orang yang rendah hati, selalu mengandalkan Tuhan dan tidak menganggap diri sebagai yang paling penting dari yang lain.

 

Setiap hari petik melati

Agar jiwa tiada redup

Jadilah orang rendah hati

Maka kita memiliki hidup

Pastor Alexander Sisco MSC

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.