Agenda Paroki

S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Login Email
banner kiri 2019b

We have 60 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 28 Juli 2019 PDF Print

"Ora et Labora: Berdoa dan Bekerjalah"

 

Saudara-saudariku terkasih, syalloom! Apa kabar? Pasti semuanya baik, sukses dan penuh dengan sukacita Tuhan. Senang sekali saya bisa berjumpa lagi dengan Anda semua, dihari yang baru ini. Hari ini kita berbicara dan merenungkan tentang dua hal yang saling berkaitan Doa dan Bekerja!.


Saudara-saudariku terkasih, dalam hidup manusia, kita bisa menemukan 4 sikap orang dalam hubungan dengan tema ini. Sikap yang pertama adalah ada orang berdoa tetapi tidak mau kerja. Bisa saja orang ini berpikir kita hidup berasal dari Tuhan dan berdoa saja cukup, nanti Tuhan memberi. Sikap yang kedua adalah orang kerja saja tapi tidak mau berdoa! Pikiran orang ini, kerja lebih penting dari doa, segala sesuatu dihasilkan dari kerja keras. Sikap ini tidaklah salah, tetapi kalau kerja tanpa doa, sama dengan mobil tanpa bahan bakar! Sikap yang ketiga orang yang tidak kerja dan tidak juga berdoa. Para nih. Prinsip orang ini, tidak doa, tidak kerja, toh tetap saja hidup. Sikap yang keempat adalah berdoa dan bekerja. Inilah sikap hidup kristiani! Doa menjadi dasar dan kekuatan kita bekerja, dan kerja menjadi buah dari doa kita.


Saudara-saudariku terkasih, bacaan-bacaan hari ini berbicara tentang berdoa dan bekerja! Ada banyak orang stres dan putus asa dengan doa-doanya, yang rasa-rasanya tidak dikabulkan oleh Tuhan. Apa benar, Tuhan tidak jawab doa-doa kita? Tuhan pasti mendengarkan doa kita dan menjawabnya. Kecuali kalau kita salah berdoa kata rasul yakobus! Dalam bacaan pertama dijelaskan bahwa permohonan pada Tuhan dikaitkan dengan kebailan dan kebenaran orang. Dan oleh karena kebaikan orang, Tuhan menyelamatkannya. Jadi ada hubungan yang erat antara hidup, kerja dan doa! Nas kitab suci berkata, doa orang benar, besar kuasanya.

 

Bacaan kedua menegaskan persatuan dengan Kristus Yesus adalah jaminan doa kita! Hidup bersama Dia, kita akan berbuah banyak! Dia telah menjadi jaminan hidup kita dalam doa-doa kita. Itu berarti doa, perjumpaan dengan Kristus membuat hidup dan karya kita menjadi sumber sukacita!

 

Saudaraku terkasih, 3 kata kunci dalam doa kita, agar doa menjadi sumber sukacita kita adalah minta, cari dan ketuklah maka semua akan dibukakan bagimu. So, marilah kita berdoa dan bekerja didalam dan bersama Tuhan agar dapat menghasilkan buah yang berkelimpahan.

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

Last Updated on Sunday, 28 July 2019 23:49
 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.