Agenda Paroki

S M T W T F S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

Login Email
banner kiri 2019b

We have 52 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 7 Juli 2019 PDF Print

Kesuksesan Sejati

 

Saudara-saudariku terkasih, syalloom! Senang sekali bisa berjumpa lagi dengan pembaca sekalian, sekalipun hanya lewat tulisan pada lembaran liturgi ini. Damai sejahtera Tuhan selalu menyertai kita semua! Tema renungan saya pada minggu biasa yang ke XIV ini adalah Kesuksesan yang Sejati!


Setiap orang pasti merindukan apa yang namanya kesuksesan. Setiap orang ingin menjadi sukses dalam hidupnya! Untuk menggapai kerinduan itu orang bisa menempuh rupa – rupa cara, baik halal maupun halal, sesuai kehendak Tuhan dan jauh dari jalan Tuhan! Cara-cara menggapai sukses itu antara lain, orang tidak pernah berhenti untuk kuliah, ikut rupa-rupa kegiatan rohani, sampai ada yang tekun mengikuti dan mendalami teologi kesuksesan! Seolah-olah setelah mengikuti semuanya kita lansung jadi sukses! Bahkan ada juga demi kesuksesan itu bisa pergi ke dukun-dukun, ilmu-ilmu gelap lainnya! Waaw....apa sesungguhnya kesuksesan itu dan bagaimana cara menggapainya dalam hidup kita sebagai murid-murid Tuhan? Bacaan-bacaan hari ini memberikan inspirasi rohani pada kita tentang hal itu!


Saudaraku terkasih dalam bacaan pertama dikatakan bahwa kesuksesan itu bukan hanya diukur dari apa yang nampak lahiriah, seperti kota Yerusalem; yang dulunya hancur, namun dibangun kembali oleh Tuhan, tetapi mata hati yang mampu melihat dan mendengar bagaimana Tuhan ikut campur tangan dalam hidup manusia! Jadi kesuksesan dapat diartikan sebagai terpenuhinya segala kebutuhan fisik-materil kita, tapi kesuksesan sejati adalah pada hati yang mampu melihat karya Allah dalam diri kesuksesan lahiriahnya itu.

 

Saudaraku yang terkasih bacaan kedua berbicara tentang tanda-tanda Kristus! Kesuksesan orang kristiani adalah hidup baru dihadapan Tuhan dan sesama. Orang kristiani yang sukses akan selalu menjadi tanda kehadiran Allah bagi dunia! Kerelaannya untuk berbagi berkat, kasih dan kebaikan, kerendahan dan tidak sombong adalah ukuran kesuksesan setiap murid Yesus! Jadi kalau sukses secara materi, dll tetapi tidak menjadi tanda kehadiran Allah melalui sikap hidupnya, maka belumlah sejati! Dalam bacaan Injil Yesus menyebutkan tanda-tanda kesuksesan yang sejati ini, pertama; sadar akan kuasa Allah dalam hidupnya, kedua tidak berputus asa, menerima resiko dan rela berkorban, ketiga pembawa damai bagi sesama, keempat tidak sombong, karena semuanya berasal dari Allah! Marilah kita berdoa agar bisa menjadi orang sukses yang sejati.

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.