Agenda Paroki

S M T W T F S
29 30 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

Login Email
banner kiri 2019b

We have 47 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 30 Juni 2019 PDF Print

Totalitas Menerima

 

Saudaraku, Yesus tidak jadi masuk ke kota Samaria sebab orang-orang disana tidak mau menerima-Nya. Karena mereka tidak mau menerima Yesus, maka Ia pergi memberi berkat bagi kota lain. Itu berarti orang-orang Samaria menolak Yesus atau berkat-berkatNya. Yang Yesus kehendaki adalah penerimaan secara total dari orang-orang yang hendak Ia kunjungi dan yang Ia pilih.

Jika menolak maka berkat itu dilimpahkan kepada pihak yang lain. Jika mau menerima Ia secara total berarti harus siap untuk menerima akibat dari pilihan itu. Hal itu sangat terlihat jelas dari jawaban-jawaban Yesus atas ungkapan dari para murid-Nya yang “katanya” mau mengikuti-Nya kemanapun Ia pergi. Binatang-binatang mempunyai tempat tinggal sedangkan Ia sendiri, untuk meletakkan kepala-Nya saja tidak ada. Dengan kata lain, siap melepaskan segala sesuatu untuk mengikuti dan menerima-Nya secara total. “Biarlah orang mati menguburkan orang mati” atau “bila membajak namun menoleh ke belakang tidak layak bagi kerajaan Allah” merupakan ungkapan yang menuntut banyak orang, apakah berani secara total untuk mengikuti-Nya. Jika berani maka harus siap juga menghadapi bahkan mengalami hal-hal yang menyulitkan dan menyesakkan jiwa dalam hidup ini. Yesus tidak pernah menjanjikan kekayaan dan kemudahan, namun Ia menjanjikan kemuliaan kekal jika tetap setia dalam penderitaan karena memilih menerima-Nya secara total.

 

Saudaraku, kita telah berjanji untuk menerima Yesus secara total saat kita baptis. Tetapi, apakah sungguh betul kita menerima Tuhan secara total? Mengalami penderitaan sedikit, permasalahan dan kesulitan, kita malah mundur, ragu bahkan memilih untuk tidak beriman lagi kepada-Nya. Menerima Yesus secara total bukan saja untuk menerima berkat-berkatNya namun juga siap menerima akibat yang mungkin tidak menyenangkan hati kita.

Dikutip dari Buku Percikan Hati

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.