Agenda Paroki

S M T W T F S
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Login Email
banner kiri 2019b

We have 63 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 5 Mei 2019 PDF Print

Tebarkanlah Jalamu di Sebelah Kanan Perahu, maka akan Kamu Peroleh Ikan

 

Saudari-saudara sekalian, salam jumpa lagi dalam hari Minggu Paska ke-3 Tahun C. Bacaan-bacaan hari ini mengajak kita untuk melihat bagaimana dahsyatnya Rahmat Yesus yang bangkit menyertai para murid yang percaya. Bacaan Pertama berbicara bagaimana Petrus dan rasul-rasul itu dengan berani membela ajaran dan sikap mereka atas Yesus yang mereka yakini telah bangkit dari antara orang mati. Sangat berbeda keadaan mereka ketika baru saja ditinggalkan oleh Yesus. Awalnya para murid itu takut dan gentar. Mereka memilih untuk mengurung diri dengan pintu-pintu terkunci karena takut pada orang Yahudi. Namun lihatlah mereka berani menegaskan bahwa mereka harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia: “Kita harus lebih taat kepada Allah daripada kepada manusia…”  Bacaan kedua mengisyaratkan adanya kerelaan untuk berubah menghasilkan kemuliaan bagi Allah yang Mahakasih. Berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa makhluk itu mensyukuri, memuji dan memuliakan Sang Anak Domba yang disembelih yakni Dia yang telah memberikan diri-Nya menjadi korban tebusan bagi umat manusia. Bacaan Injil menyampaikan kisah bagaimana Yesus menampakkan diri di saat para murid sudah kembali kepada kesibukan yang biasa alias kesibukan sehari-hari. Kuasa-Nya mereka kenal dan akui sehingga mereka bahkan tidak berani bertanya “siapakah Dia”. Hasilnya, Petrus pun merevisi dan memperbaharui tugas perutusan yang dilandaskan pada kasihnya kepada Yesus. Petrus diajak bukan saja untuk melaksanakan tugas yang biasa sebagai “pencari ikan” melainkan “harus menggembalakan domba-domba-Nya”.

Saudari-saudara terkasih, perayaan meriah Paska sudah kita lewatkan. Panitia Paska sudah akan membuat evaluasi dan menyampaikan LPJ untuk rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. Apakah semangat Paskah akan lenyap seiring dengan bertambahnya kesibukan sehari-hari? Petrus yang kembali menangkap ikan menemukan dan mengalami kuasa Yesus dan memperbaharui kesepakatannya untuk mencintai dan melaksanakan tugas yang diembankan Yesus kepadanya. Ada banyak cara untuk mengenali daya dan perutusan Yesus pada kita dalam pengalaman hidup kita sehari-hari. Peristiwa-peristiwa istimewa, ataupun terbebasnya kita dari keadaan yang membuat kita prihatin dan tertekan bisa menjadi jalan untuk kita mengenali kehadiran daya dan perutusan Yesus. Selain itu, perjumpaan dengan orang lain yang membutuhkan, keadaan dan situasi masyarakat ataupun yang kita kenal dengan tanda-tanda zaman dapat juga memperkenalkan kita pada daya dan perutusan Yesus. Undangan dan ajakan serta kesaksian yang kita terima dari orang lain juga bisa mendekatkan kita pada daya dan panggilan Yesus.

 

Kita syukuri hari-hari pada Bulan Mei ini di mana kita diajak untuk bersama-sama menemui daya dan perutusan Yesus melalui: pertemuan-pertemuan doa kepada Bunda Maria, melalui pembekalan-pembekalan seperti yang sedang dijalani oleh banyak umat dari wilayah dua dan empat, melalui kegiatan evaluasi karya dan rapat-rapat yang akan kita jalani, melalui permenungan dan refleksi Bunda Hati Kudus Pelindung Paroki dalam rangkaian Doa tujuh hari berturut-turut atau yang dikenal dengan ‘Septena Bunda Hati Kudus” dalam mempersiapkan pesta HUT Paroki. Dalam dan melalui kesibukan-kesibukan itu, kita diajak untuk mengenali daya dan perutusan Yesus bagi kita. Adakah semangat kebangkitan Yesus masih dan memperteguh ikatan cinta kita satu dengan yang lain karena Yesus sungguh mencintai kita? Seperti Petrus kita pun akan mengatakan “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Dan Yesus akan berkata: “Gembalakanlah domba-domba-Ku..” Semoga kitapun pebuh hikmat seperti Petrus, berani menyikapi dan menghadapi keadaan masyarakat dan zaman ini dengan senantiasa meyakini bahwa kemuliaan Tuhanlah yang menjadi kekuatan dan tuntunan kita. Di dalam Dia, kita menghasilkan banyak buah.  Amalkan Pancasila: Kita berhikmat, Bangsa bermartabat.

(rm pur msc)

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.