Agenda Paroki

S M T W T F S
31 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 1 2 3 4

Login Email
banner kiri 2019b

We have 146 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 7 April 2019 PDF Print

“Emangnya Gue Mikirin: Anugerah Pengampunan Tuhan”

 

Saudara-saudariku terkasih, syallloom....apa kabar? Senang sekali bisa berjumpa lagi dengan Anda semua di minggu prapaskah yang ke V ini! Tema khotbah saya hari ini agak
unik dan gaul “emangnya Gue mikirin”. Mengapa? Karna bacaan-bacaan hari ini, baik pertama, kedua dan injil, ketiganya mengajak kita untuk melupakan apa yang sudah berlalu dan berlari mengejar mahkotha keselamatan Tuhan dan harapan baru bersama Tuhan! Dalam bacaan pertama Yesaya menegaskan “janganlah mengingat-ingat lagi hal-hal yang dahulu, jangan perhatikan hal-hal yang purbakala, karena Allah akan membuat sesuatu yang baru”! Demikian pula bacaan kedua, Rasul Paulus menulis tentang pengalaman dirinya, yang berani meninggalkan, melupakan apa yang ada dibelakangku dan mengarahkan diri pada apa yg ada dihadapanku, untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan surgawi dari Allah!

Saudara-saudariku terkasih, kedua bacaan ini mengingatkan kita untuk berani meninggalkan semua masa lalu kita yang kelam, penuh salah dan dosa! Mengalah karna Allah kita adalah Dia yang tidak pernah memikirkan salah dan dosa-dosa kita! Mazmur mengatakan ‘sekiranya Tuhan hitung-hitung kesalahan kita, siapa yang dapat bertahan’ tapi syukurlah pengampunan berlimpah Tuhan membalaskannya! Kisah injil hari ini tentang Wanita yang kedapatan berzinah, tetapi ditidak dihukum, sebaliknya diampuni oleh Tuhan, menunjukkan Allah kita, Allah yang maharahim dan pengampun! Dalam bahasa yang lebih gaul, Emangnya gue mikirin! Tuhan pikirkan pengampunan bukan pelangaran kita!

 

Saudara-saudariku terkasih kalau Tuhan nggak mikirin dosa, lantas apa yang Tuhan pikirkan untuk kita? Pertama, Tuhan pikirkan keselamatan kita sebagaj umat kesayanganku! Aku hendak membuat jalan dipasang gurun dan sungai-sungai dipadang belantara, Tuhan memberi minum kepada umat pilihanNya! Tuhan akan memberikan hidup baru dan keselamatan bagi umatNya! Kedua, yang dipikirkan Yesus adalah bagaimana umat-Ku hidup dalam kasih karuniaNya! Yesus memikirkan hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah! Pikiran Allah tertuju pada persatuan yang mesra dengan umatNya! Ketiga, kasih dan pengampunan! Wanita yang diadili dalam injil hari ini menunjukkan bagiamana Allah
berpikir bukan tentang kesalahan wanita ini, tetapi mengampuninya! Kata Yesus “aku juga tidak menghukum engkau” pergilah dan jangan berbuat dosa lagi.....!

 

Saudaraku terkasih, marilah kita berdoa semoga dalam segala hal kita mengandalkan Allah yang maha pengampun! Tinggalkan masa lama kita dan memandang kemuliaan Tuhan! Amin.

Rm. Ronny Dahua MSC

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.