Agenda Paroki

S M T W T F S
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Login Email
banner kiri 2019b

We have 67 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 10 Maret 2019 PDF Print

Masa Prapaskah: Masa Untuk Memilih Yang Terbaik


Saudara-saudariku yang terkasih, salam jumpa lagi. Senang bisa menyapa Anda lewat renungan singkat pada lembaran liturgi ini. Syalloom! Kini kita telah memasuki minggu prapaskah yang pertama! Suatu masa khusus dalam Liturgi Gereja Katolik, suatu masa yang penuh rahmat, masa kita diajak untuk merenungkan dan mengalami betapa besarnya cinta kasih Allah kepada kita dan dunia sampai Ia rela menderita dan wafat di kayu salib! Sebuah misteri cinta Allah yang tidak terselami!

Saudara-saudariku terkasih, apa pesan-pesan firman Tuhan untuk kita semua pada minggu prapaakah yang pertama ini? Bacaan pertama berbicara tentang pengakuan bangsa israel sebagai bangsa yang terpilih. Bangsa israel mengakui dalam ketidak berdayaan mereka, Tuhan menunjukkan kasihNya, memilih mereka menjadi bangsa yang besar, berlimpah kasih setia Tuhan. Saudaraku yang terkasih pesan dari kisah ini adalah Tuhan tidak meninggalkan kita umat kesayanganNya. Tuhan selalu memperhatikan kita apapun keadàan kita. Tuhan pemulih dan penyelamat kita. Bacaan kedua berbicara tentang pengakuan iman orang percaya akan kasih Allah. Paulus menegaskan dalam percaya kita akan hidup bersama Tuhan. Namun ia menegaskan percaya bukan hanya dengan mulut tetapi juga dengan hati. Pesan sederhana dari bacaan ini adalah hendak kita mencintai Tuhan tidak hanya dengan mulut tetapi juga dengan hati kita. Kita membuat pilihan untuk menjadi lebih baik dengan percaya dan menyadari kebesaran kasih Allah selama hidup kita.

 

Saudaraku terkasih, bacaan Injil bercerita tentang Yesus yang mengambil pilihan yang terbaik dalam hidupNya. Bagi Yesus kehendak Allah adalah pilihan hidupNya. Yesus dicobai di padang gurun oleh iblis. Ia dicobai sampai 3 kali. Namun demikian Yesus tetaplah menjadi pribadi yang komitmen dan setia pada BapaNya. Pesannya untuk kita adalah masa prapaskah adalah masa untuk memilih yang terbaik dalam hidup ini, yaitu hidup bersama Allah dan segala kehendakNya. Inilah puasamu yang sejati. Bagi Yesus berpuasa adalah kesempatan untuk pemurnian hidup lewat pilihan-pilihan yang kita ambil dalam hidup kita. Marilah kita berdoa semoga masaprapaskah menjadi masa penuh rahmat bagi kita semua untuk semakin mencintai Tuhan diatas segalanya.

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.