Agenda Paroki

S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Login Email
banner kiri 2019b

We have 80 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 10 Februari 2019 PDF Print

“Menuju Hidup Berkelimpahan Murid-murid Yesus"

 

Saudara-saudariku terkasih......syalloom! Senang sekali bisa berjumpa lagi dengan Anda semua, semoga berkat Tuhan selalu menyertai kita! Hari ini kita telah berada pada minggu biasa yang ke V. Bacaan-bacaan hari ini banyak berbicara tentang penyerahan diri pada Tuhan dan kehendakNya sebagai jalan menuju hidup berkelimpahan! Saudara-saudari terkasih, setiap orang pasti mendambakan hidup berkelimpahan, bahagia jasmani-rohani! Dan dengan rupa-rupa cara dan jalan orang berusaha untuk mewujudkannya, bahkan dengan cara-cara yang tidak halal sekalipun! Bagi pengikut Yesus, kebahagian mempunyai arti yang istimewa dan jalan khas pula, yang sering bertentangan dengan cara atau jalan dunia!

Saudaraku terkasih, apakah arti hidup yang berkelimpahan menurut terang sabda Tuhan dan bagaimana murid-murid Yesus menemukannya! Hidup berkelimpahan adalah hidup yang didasarkan pada iman, harapan dan cinta akan Tuhan! Sehingga pengikut Yesus tidak akan mengukur kelimpahan hidupnya dari kacamata dunia-materi, tetapi dari kelimpahan rohani: iman, harapan dan kasih yang berbuah dalam peri hidup sebagai anak-anak Allah! Inilah yang disampaikan oleh Paulus dalam bacaan kedua, hidup oleh kasih karunia Allah, inti iman kita! Nah, bagaimana caranya kita menemukan hidup yang berlimpah seperti ini. Kita mau belajar dari pengalaman Simon Petrus dan teman-temannya!

 

Saudaraku terkasih, ada empat jalan menemukan hidup berkelimpahan menurut mereka: jalan pertama adalah Mendengarkan firman, perintah, kehendak Tuhan! Kehendak Tuhan tidak selamanya mudah untuk kita mengerti. Hal ini terlihat jelas dalam panggilan Tuhan atas nabi Yesaya! Yesaya merasa tidak layak, tidak sanggup, tetapi Tuhan akan memampukan, melengkapi, menyempurnakan dengan kuasa kasihNya! Demikian juga dengan pengalaman Simon Petrus dan kawan-kawan, yang tidak mendapat apa-apa, tetapi oleh kuasa Yesus mereka mendapat banyak ikan. Kemanusiaan kita tidak mampu mengubah hidup kita kalau kita tidak hidup dari firman Tuhan dan segala kehendakNya. Paulus menegaskan dalam bacaan kedua tadi "oleh injil itu kamu diselamatkan". Dengarkanlah firman Tuhan dan lakukanlah dengan sepenuh hati!

 

Jalan kedua adalah berbagi berkat pada yang lain, keluar dari kenyamanan diri dan menjumpai dan berbagi! Jalan yang keempat adalah mengikuti Yesus sampai akhir! Setelah dipuaskan dengan berkat Tuhan....ikutilah Dia selamanya amin! Slamat memulai perjalanan rohani ini, Tuhan memberkati!

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

Last Updated on Monday, 11 February 2019 08:56
 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.