Agenda Paroki

S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 1 2

Login Email
banner kiri baru

We have 41 guests online
Renungan Hari Minggu, Tgl 30 Desember 2018 PDF Print

Keluargaku adalah Surgaku

 

Saudara-saudariku yang terkasih, syallom...apa kbar! Senang sekali bisa berjumpa kembali dengan Anda semua dalam perayaan Ekaristi ini, di hari raya keluarga kudus, Yesus, Maria dan Yosep! Menjadi kesempatan yang terindah bagi kita semua, bagi keluarga-keluarga yang hadir di sini untuk bisa menambah kekuatan dan inspirasi rohani dari keluarga kudus, bagamana menjadikan keluarga kita masing-masing, menjadi surga! Menjadi tempat yang damai, penuh kemesraan, benih berkat, sukacita cinta dan bahagia selalu! Itulah surga keluarga! Tidak usah berpikir bahwa surga itu ditempat yang jauh, dilangit yang kesekian, yang kita gapai saat kita meninggal! Surga itu adalah sebuah keadaan hidup baru bersama Tuhan, pun di dunia, yang dipenuhi dengan damai, kasih dan sukacita dan bahagia! Maria dan Yosep telah berhasil mengubah keluarga yang penuh tantangan, perjuangan dan penderitaan batin, menjadi keluarga pembawa kabar sukacita, damai dan keselamatan yang dari Tuhan buat seluruh umat manusia!

Saudara-saudariku terkasih kita semua masih ingat bagaimana keluarga Yosep dan Maria itu dibentuk oleh Allah! Penuh tantangan, perjuangan dan bahkan ketidakpastian! Maria sendiri merasa belum bersuami, Yosep pun belum jelas bagi Maria! Maria tiba-tiba mengandung tanpa pendamping! Demikian juga Yosep, heran tunangannya belum serumah, apalagi tidur bersama, eh tau-taunya hamil, alangkah terpukulnya Yosep! Itulah sebabnya ia diam-diam mau ceraikan Maria! Namun kedua pengalaman orang ini, nyatalah kuasa dan pernyataan Tuhan dalam hidup mereka  berdua! Ternyata maria mengandung dari Roh Kudus, dan Yoseppun dikunjungi Tuhan dalam mimpi untuk memastikan Yosep cintailah Maria dan ambil sebagai istrinu karena kasih karunia Allah ada padanya! Luar biasa keluarga ini! Ternyata keluarga kudus itu bukan tanpa masalah, punya masalah tetapi dengan mendengarkan kehendak Tuhan semua menjadi indah! Masalah lain, mereka belum punya rumah, anak mau lahir! Yesus mau lahir! Tidak ada tempat untuk semua itu! Mereka ditolak sana-sini! Maria dan Yosep tidak putus asa! Tidak ada rotan akarpun jadi! Mereka tidak gunakan kuasa Bapa, bagi putraNya! Mereka memilih jalan yang hina, lahirkan di kandang hina! Saudaraku terkasih Maria dan Yosep memberi teladan menuju keluarga bahagia, haruslah menerima hidup dan belajar sederhana dihadapan Tuhan! Kesederhanaan menjadi kunci perjumpaan dengan Tuhan! Masih ada beberapa masalah berat lagi yang dihadapi Yosep dan Maria, tetapi tidak akan diceritakan disini! Yang penting adalah setiap keluarga punya masalah, tetapi kita diajak untuk belajar dari Yesus Maria Yosep bagaimana mengubah keluarga-keluarga kita, yang penuh tantangan ini, menjadi surga!

 

Saudara-saudariku terkasih, bacaan-bacaan hari ini memberikan kita beberapa prinsip yang harus kita miliki agar keluarga kita menjadi surga! Keluarga damai dan bahagia! Bacaan pertama memberikan prinsip, serahkan seluruh hidup keluarga pada Tuhan! Tuhan sang pemberi akan membuat yang indah dalam hidup kita! Hana berdoa supaya diberi anak laki-laki, Tuhan beri dan setelah itu serahkan lagi pada Tuhan sebagaimna yang ia janjikan pada Tuhan! Prinsip kedua adalah belajar setia pada janji pernikahan dihadapan Tuhan! Ada banyak keluarga bermasalah karena mereka tidak mengandalkan Tuhan dan komitmen pada janji pernikahan mereka dihadapan Tuhan! Prinsip ketiga dari bacaan kedua adalah iman yang mantap akan kasih karunia Allah dalam hidup keluarga! Percaya pada kehadiran Allah dalam diri Yesus puteraNya! Rajin-rajinlah berdoa, membaca firman supaya semakin bagi kita, apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup keluarga! Percayalah Tuhan yang memanggil kamu di persekutuan suami-istri adalah setia!

 

Saudara-saudariku terkasih, prinsip keempat dari injil lukas, belajar mendengarkan firman Tuhan san merenungkanya! Maria ingin menunjukan firman Tuhan adalah kekuatan dihidupnya! Kesabaran adalah buah dari firman Tuhan! Sebagai seorang ibu tentunya Maria berhak menegur Yesus yang tinggal dengan sadar di bait Allah dan biarkan orangnya pulang! Ini kan pengalaman menjengkelkan dan bahkan melelahkan, tetapi mereka kembali ke Yerusalem untuk mencari Yesus dan mereka berhasil! Artinya agar keluarga kita bisa menjadi surga, carilah Tuhan selalu walaupun kadang melelahkan dan menjengkelkan juga! Kekurangan bukanlah realitas sempurna, karena itu belajar saling memperkaya iman akan Tuhan dan membaharui cinta terus menerus agar cinta semakin dimurnikan dalam keluarga! Kita berdoa dalam ekaristi ini semoga keluarga-keluarga kita bisa menjadi surga! Yesus, Maria dan Yosep adalah teladan kita, keluarga kudus di Nasaret!!amin

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.