Agenda Paroki

S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Email
banner kiri 2019b

We have 135 guests online
Hari Minggu Pentakosta Tgl 20 Mei 2018 PDF Print

"Kuasa Roh Kudus Ada Padamu"

 

Saudara-saudariku terkasih, hari ini Gereja merayakan Hari Raya turunnya Roh Kudus atas para rasul atau hari raya pentakosta yang menjadi cikal bakal lahirnya Gereja! Oleh karena itu, merayakan hari raya pentakosta sama dengan merayakan hari ulang tahun Gereja! Dan seperti kebiasan banyak orang saat merayakan Hari Ulang Tahun, kita saling memberi hadiah, kue hari ulang tahun! Pada hari ulang tahun gereja ini tentunya kita berdoa agar Gereja tetap setia dalam iman, sehat selalu dalam hidup dan ajaran-ajarannya, diberikan kekuatan, kerukunan dan kedamaian, sukses dalam tugas dan pekerjaan bagi kita semua, terlebih memelihara ke 7 karunia Roh Kudus yang dicurahkan pada kita hari ini. Namun yang terindah di hari ulang tahun Gereja ini adalah anugerah Roh Kudus, Roh Cinta Kasih dan Kebenaran yang Tuhan berikan secara Cuma-cuma! Inilah hadiah terbesar dan terindah, mulia dan berharga, Tuhan memberikan diriNya sendiri agar kekuatan dan kuasaNya tinggal dalam diri kita dan menyertai kita, GerejaNya!


Saudara-saudariku terkasih, peristiwa pencurahan Roh Kudus yang kita rayakan hari ini memberikan peneguhan iman akan kita, yaitu: Allah yang setia pada JanjiNya! Kita menerima Roh Kudus bukan karna jasa dan prestasi yang telah kita raih, tetapi semata-mata sebagai pemenuhan janji Yesus! "Yesus berjanji Dia akan mengutus seorang penolong yang lain". Menjadi nyata bagi kita bahwa Allah kita adalah Allah yang tak pernah ingkar janji. Allah yang setia pada janjiNya. Ini hari yang penuh sukacita! Pesan lain dari Hari Raya ini adalah kalau Allah memberi, selalu memberi yang terbaik untuk
kita! Allah memberikan RohNya, Roh kehidupan dan keselamatan, Roh yang menuntun kita kepada segala kebenaran! Pesan lain adalah Roh Kudus Tuhan turun dan ada dalam diri kita masing-masing! Dengan turunnya Roh Kudus, kita dimungkin menyapa "ya abba, ya Bapa". Kita menjadi anak Allah karena Roh Tuhan ada padaku!


Saudara-saudariku terkasih, apa peranan Roh Kudus itu dalam diri kita, Gereja? Bacaan-bacaan hari ini menunjukan dengan jelas apa peran Roh Kudus itu dalam hidup GerejaNya! Bacaan pertama memberikan gambaran Peran pertama Roh Kudus yang mengenal, menerima dan memahami perbedaan diantara kita serta mempersatukan semua orang! Diceritakan dalam bacaan pertama ada begitu banyak orang dari segala suku, bangsa dan bahasa namun bisa saling mengenal dan memahami, bahkan menerima bahasa masing-masing dan saling meneguhkan karena dipersatukan dalam satu bahasa Roh Kudus, yaitu bahasa cinta kasih! Dan kesemuanya membicarakan tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah! Peranan lain dari Roh Kudus adalah menunjukan dan memimpin jalan hidup kita yang sesungguhnya, yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, lemah lembut dan penguasaan diri!


Saudara-saudariku terkasih, bacaan injil hari ini menegaskan "apabila Roh Kebenaran datang, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, sebab Ia tidak berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya, itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu apa yang Dia terima dari padaKu! Sesungguhnya berita Injil ini mengingatkan kita bahwa Roh Kudus itu berasal dari Allah dan menjadikan kita milik Allah! Dengan menerima Roh Kudus berarti kuasa Allah ada dalam diri kita! Kuasa yang memampukan kita untuk mengenal kebenaran, hidup dalam kebenaran dan bersaksi tentang kebenaran...! Berdoalah dan berjuanglah menjadi anak Allah dan saksiNya yang sejati karena Roh Tuhan ada padamu" amin

Pastor Hironimus Ronny Dahua MSC

 

 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.