Agenda Paroki

S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

Login Email
banner kiri 2019b

We have 69 guests online
Hari Minggu Prapaskah II 25 Februari 2018 PDF Print

"Ayoo Berubah dan Mempersembahkan diri padaNya"

 

Saudara-saudariku yang terkasih,

Salloom....! Hari ini kita telah memasuki minggu prapaskah yang kedua. Bacaan- bacaan kitab suci yang kita dengarkan hari ini menampilkan dua tema yang kesannya agak berbeda, yaitu persembahan (bacaan pertama dan kedua) dan perubahan (bacaan Injil).

Saudara-saudari terkasih, dalam bacaan pertama kita mendengarkan kisah Abraham yang berani mempersembahkan putra tunggalnya, Isak, atas permintaan Allah. Allah ingin mencobai Abraham, apakah ia takut akan Allah dan rela memberikan yang terbaik bagi Allah atau tidak? Dan sungguh Abraham takut akan Allah dan rela memberikan putra tunggalnya kepada Allah dan Allah sangat memberkatinya. "Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan menyerahkan anakmu yang tunggal kepadaKu, maka Aku akan memberkati Engkau berlimpah-limpah dan keturunan yang sangat banyak! Pengalaman Abraham ini menjadi jaminan bahwa orang yang takut akan Allah dan berani mempersembahkan yang terbaik bagi Allah maka Allah pasti memberkati kita dengan kelimpahan berkatNya.

Saudara-saudariku terkasih, bacaan injil hari berbicara tentang Yesus yang berubah rupa didepan murid-muridNya untuk mencapai kemuliaanNya. Yesus ingin menegaskan kepada murid-muridNya bahwa untuk mencapai kemuliaan dan menjadi anak Allah dibutuhkan perubahan, dan berubahlah pertama-tama dari diri sendiri. Sebelum Yesus merubah murid-murid-Nya, Yesus lebih dahulu merubah diriNya sendiri. Pengalaman Yesus ini menegaskan bahwa untuk menjadi anak Allah dan bisa mencapai kemuliaan maka haruslah berani berubah dan mendengarkan Allah dalam diri putra-Nya!

Saudara-saudariku terkasih, ayolah mempersembahkan diri dan beranilah berubah, tidak usah takut, kuatir, dll karena Allahlah jaminan hidup kita. Paulus dalam bacaan kedua memberikan peneguhan kepada jemaat di Roma agar tidak takut berubah dan mempersembahkan pada Allah karena hidup kita terjamin di tangan Tuhan!

Pastor Hironimus Ronny D

Last Updated on Saturday, 24 February 2018 20:50
 


Powered by Joomla!. Designed by: moodle hosting semi dedicated server hosting Valid XHTML and CSS.